$type=slider$snippet=hide

Archive Pages Design$type=blogging$count=15

‘Rhythm 0’ Sisi Gelap Manusia Atas Kekuasaan

Seorang seniman bernama Marina Abramovic asal Yugoslavia, pada tahun 1974 melakukan sebuah pertunjukkan seni berjudul 'Rhythm 0'

‘Rhythm 0’ Sisi Gelap Manusia Atas Kekuasaan - Clouidnesia

Seorang seniman bernama Marina Abramovic asal Yugoslavia, pada tahun 1974 melakukan sebuah pertunjukkan seni berjudul 'Rhythm 0'. Eksperimen ini dilakukan dengan cara Abramovic diam seperti patung selama 6 jam dan membiarkan audience melakukan hal apa pun yang mereka inginkan terhadapnya. Rhythm 0 adalah salah satu karya paling penting Abramovic. Itu adalah karya terakhir dalam serangkaian karya seni tubuh individu yang dimulai dengan Rhythm 10.

Marina Abramović telah memelopori tubuh sebagai bentuk seni visual. Tubuh selalu menjadi subjek dan mediumnya. Menjelajahi batas fisik dan mental dirinya, ia telah menahan rasa sakit, kelelahan, dan bahaya dalam upaya transformasi emosional dan spiritual.

Pada saat itu intruksi yang diberikan Marina kepada audience adalah :

Instructions
There are 72 objects on the table that one can use on me as desired.
Performance
I am the object.During this period I take full responsibility.Duration: 6 hours (8 pm – 2 am)

‘Rhythm 0’ Sisi Gelap Manusia Atas Kekuasaan - Clouidnesia

Selama 6 jam, Marina tidak akan bergerak. Ia memperbolehkan audience melakukan apapun padanya, dan dia tidak akan memberontak ataupun memprotes. Terdapat 72 objek yang disediakan Abramovic untuk digunakan oleh audience, beberapa di antaranya merupakan objek berbahaya seperti bunga mawar hingga pistol.

Seperti banyak karya Abramovic, tema seputar fisik tubuh, rasa sakit, dan pementasan aksi hidup otentik dipentaskan secara eksperimental, menimbulkan tingkat risiko dan rasa sakit secara pribadi. Benda-benda yang dapat digunakan padanya dipilih untuk mewakili rasa sakit dan kesenangan.

Awalnya, para audience bersikap lembut, Hanya sedikit bermain-main. Ada yang menaruh mawar di tangannya hingga ada yang menyuapinya kue. Namun ketika orang-orang sadar bahwa Abramovic benar-benar pasif, sisi gelap para audience mulai muncul.

‘Rhythm 0’ Sisi Gelap Manusia Atas Kekuasaan - Clouidnesia

“it was six hours of real horror,” ucap Marina di sebuah interview.

Seseorang mulai melakukan kekerasan, mendudukkannya, dipermalukan, tubuhnya dipindahkan., ada yang menyiramkan air padanya, baju seniman ini dipotong menggunakan silet, membuat Abramovic menodongkan pistol ke lehernya sendiri hingga melakukan pelecehan seksual.

‘Rhythm 0’ Sisi Gelap Manusia Atas Kekuasaan - Clouidnesia

Setelah 6 jam berlalu dan durasi eksperimen selesai, Abramovic bergerak, dan audience langsung membubarkan diri. Kekerasan mulai mereda ketika seorang wanita memeluk Marina, dan beberapa orang yang takut menolong akhirnya mulai beraksi dan mengobati luka-luka yang dialami Marina. Perpecahan terjadi, ada yang berusaha menahan yang lain melakukan kekerasan lebih parah, ada yang ingin menikmati momen ini selagi bisa. Marina berbicara tentang pengalamannya dengan mengatakan, "If you leave it up to the audience, they can kill you"

‘Rhythm 0’ Sisi Gelap Manusia Atas Kekuasaan - Clouidnesia

Eksperimen ini memberikan trauma yang sangat mendalam bagi Abramovic. Inilah yang terjadi jika manusia dihadapkan oleh kekuasaan tanpa batas. Manusia memiliki sisi gelap yang akan dilepaskan jika mereka memiliki kuasa untuk melakukannya.

Rhythm 0 memberikan arah baru untuk studi psikologi social, orang bisa berusaha keras karena mereka tidak bisa membedakan antara apa yang benar atau salah. Mereka dapat menutup mata terhadap hati nurani mereka sendiri dan dengan serius melakukan aksi teror. Melalui implementasi eksperimennya, Marina juga dapat membuktikan hal lain, yaitu, seni pertunjukan itu nyata dan dapat membuat para pemain terluka dan hancur.

COMMENTS

ENTERTAINMENT$type=two$height=auto$meta=no$snippet=no$readmore=no

LIFESTYLE$type=left$va=0$count=4

TRAVEL$type=right$va=0$count=4

Name

Animal Entertain Entertainment Family Film Food Game Health Hot News Lifestyle Otomotif Rekomendasi App Review Film Sinopsis Film Sport Technology Travel Traveling
false
ltr
item
Clouidnesia: ‘Rhythm 0’ Sisi Gelap Manusia Atas Kekuasaan
‘Rhythm 0’ Sisi Gelap Manusia Atas Kekuasaan
Seorang seniman bernama Marina Abramovic asal Yugoslavia, pada tahun 1974 melakukan sebuah pertunjukkan seni berjudul 'Rhythm 0'
https://1.bp.blogspot.com/-9vGTVblNUA0/XpF90oaAtZI/AAAAAAAAPrU/3OjkgYd9J9gjGTbLhJXXFMQMkBye8T70gCLcBGAsYHQ/s640/images-2-1681244325.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-9vGTVblNUA0/XpF90oaAtZI/AAAAAAAAPrU/3OjkgYd9J9gjGTbLhJXXFMQMkBye8T70gCLcBGAsYHQ/s72-c/images-2-1681244325.jpg
Clouidnesia
https://www.clouidnesia.com/2020/04/rhythm-0-sisi-gelap-manusia-atas.html
https://www.clouidnesia.com/
https://www.clouidnesia.com/
https://www.clouidnesia.com/2020/04/rhythm-0-sisi-gelap-manusia-atas.html
true
3232573034210294857
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago