$type=slider$snippet=hide

Archive Pages Design$type=blogging$count=15

Hal Yang Mesti Kamu Tahu Tentang Coronavirus (COVID-19)

Coronavirus adalah keluarga virus yang umum dinamai karena tampilannya memiliki mahkota (corona dalam bahasa Latin berarti "mahkota")

Photo by Markus Spiske on Unsplash
Coronavirus adalah keluarga virus yang umum dinamai karena tampilannya memiliki mahkota (corona dalam bahasa Latin berarti "mahkota"). Mahkota terdiri dari protein, yang disebut protein lonjakan, yang menonjol keluar dari permukaan virus.

Ada berbagai jenis coronavirus, dan sementara mayoritas biasanya menyebabkan gejala pilek ringan (misalnya, pilek atau sakit tenggorokan), jenis yang lebih berbahaya, seperti coronavirus yang menyebabkan sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS) atau Syndrome Pernapasan Akut Parah (SARS), dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah, termasuk pneumonia, dan bahkan kematian.

Virus corona dapat menyebar dari orang ke orang dengan bentuk kontak berikut:
  • Tetesan (setelah seseorang yang terserang virus batuk atau bersin)
  • Sentuh (mis. Berjabatan tangan dengan orang yang terinfeksi atau menyentuh benda yang mengandung virus dan kemudian menyentuh mulut, mata, atau hidung Anda sebelum mencuci tangan)
  • Tinja (penyebaran fecal-oral dari pasien yang terinfeksi; jarang.
Tidak mungkin untuk mengetahui perbedaan antara infeksi coronavirus dan penyakit lain berdasarkan gejala saja. Sementara dokter perlu mengambil sejarah yang cermat dan melakukan pemeriksaan fisik, tes laboratorium diperlukan untuk secara akurat mendiagnosis infeksi coronavirus.

Photo by Adli Wahid on Unsplash


COVID-19 adalah jenis baru coronavirus, keluarga virus yang umum, yang muncul di Wuhan, Cina pada akhir 2019. Hal ini disebabkan oleh virus yang disebut SARS-CoV-2. Mirip dengan MERS dan SARS, coronavirus ini kemungkinan berasal dari hewan (mungkin kelelawar, meskipun para ilmuwan tidak sepenuhnya yakin) ke manusia, mungkin melalui beberapa spesies lain.

Sementara tampak infeksi ringan pada beberapa orang, lalu dapat menyebabkan penyakit pernapasan (paru-paru) yang mirip dengan SARS dan dapat mengakibatkan kematian. Ini juga dapat menyebabkan komplikasi seperti pneumonia atau bronkitis. Komplikasi ini lebih sering terjadi pada bayi dan orang tua, serta orang dengan sistem kekebalan yang ditekan atau penyakit jantung atau paru yang mendasarinya.

Organisasi Kesehatan Dunia telah memutuskan COVID-19 secara global dianggap sebagai pandemi.  Ini karena virus itu baru, sehingga sistem kekebalan tubuh orang tidak siap untuk melawannya, sehingga memungkinkan virus menyebar dengan cepat dari orang ke orang.

Menurut CDC, mereka yang berisiko lebih tinggi termasuk:
  • Kontak dekat dan petugas kesehatan yang merawat orang dengan COVID-19
  • Orang-orang yang kembali dari tujuan internasional di mana penyebaran virus oleh masyarakat terjadi (Cina, Iran, Korea Selatan, dan Italia)
Dengan kepedulian baru terhadap infeksi COVID-19, pasien yang bergejala dan dokternya harus berhati-hati untuk mendapatkan riwayat perjalanan ke China atau daerah lain yang terinfeksi, atau riwayat kontak dengan orang lain yang mungkin terpapar. 

Tes laboratorium yang diproduksi oleh Centers for Disease Control and Prevention saat ini sedang digunakan untuk pengujian COVID-19 di Amerika Serikat. Tes ini membutuhkan swab dari hidung atau tenggorokan pasien dan tersedia di lokasi yang ditunjuk CDC di Amerika Serikat dan laboratorium internasional yang berkualitas.

Diagnosis infeksi coronavirus rutin (gejala flu) melibatkan riwayat medis, termasuk riwayat perjalanan, dan pemeriksaan fisik. Paling sering, pasien akan didiagnosis menderita flu, dan dikirim pulang.

Saat ini belum ada vaksin atau obat khusus untuk mengobati coronavirus. Sebaliknya, pengobatan untuk infeksi coronavirus ringan bersifat mendukung, yang berarti melakukan berbagai hal untuk meringankan gejala Anda.

Photo by 🇨🇭 Claudio Schwarz | @purzlbaum on Unsplash

Langkah-langkah yang dilakukan untuk meringankan gejala:
  • Minum obat, seperti Tylenol (acetaminophen), untuk mengurangi demam Anda
  • Menggunakan pelembab kabut dingin untuk membantu meredakan batuk
  • Beristirahat
  • Cairan minum
SARS, MERS, dan penyakit yang disebabkan oleh COVID-19 juga memerlukan perawatan suportif, dari jenis yang berbeda: rawat inap, oksigen, cairan, dan perawatan penyelamatan lainnya mungkin diperlukan untuk mendukung pasien sementara sistem kekebalan merespons, dan membersihkan, infeksi.

Anda dapat mengurangi risiko tertular virus corona manusia dengan melakukan apa yang akan Anda lakukan untuk melindungi diri dari flu atau flu biasa: 
  • Gosok tangan Anda dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik 
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda
  • Hindari berada di sekitar orang yang sakit
  • Menggunakan deterjen dan air rumah tangga biasa, bersihkan rumah tangga dan permukaan dan benda kerja secara teratur, terutama yang sangat sering disentuh, seperti gagang pintu, remote control, dan meja.
Jika Anda sakit, lindungi orang lain dengan tinggal di rumah dari kantor atau sekolah. Jika Anda tinggal bersama orang lain, pilih dan bersihkan kamar dan kamar mandi yang hanya Anda gunakan (jika mungkin).

Jika Anda batuk atau bersin, pastikan untuk menutup mulut dan hidung dengan tisu, lalu cuci tangan setelah membuang tisu. Atau, jika Anda tidak memiliki jaringan, bersin atau batuk di lekukan siku Anda.

COMMENTS

ENTERTAINMENT$type=two$height=auto$meta=no$snippet=no$readmore=no

LIFESTYLE$type=left$va=0$count=4

TRAVEL$type=right$va=0$count=4

Name

Animal Entertain Entertainment Family Film Food Game Health Hot News Lifestyle Otomotif Rekomendasi App Review Film Sinopsis Film Sport Technology Travel Traveling ZETA - Bisma Duta
false
ltr
item
Clouidnesia: Hal Yang Mesti Kamu Tahu Tentang Coronavirus (COVID-19)
Hal Yang Mesti Kamu Tahu Tentang Coronavirus (COVID-19)
Coronavirus adalah keluarga virus yang umum dinamai karena tampilannya memiliki mahkota (corona dalam bahasa Latin berarti "mahkota")
https://1.bp.blogspot.com/-K3HwcgxGfGo/XnhQviWJziI/AAAAAAAAPXo/DL20gCR8cww_Dh0v-2eMKSAq19goTm4kQCLcBGAsYHQ/s640/markus-spiske-3_SvgDspSTE-unsplash.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-K3HwcgxGfGo/XnhQviWJziI/AAAAAAAAPXo/DL20gCR8cww_Dh0v-2eMKSAq19goTm4kQCLcBGAsYHQ/s72-c/markus-spiske-3_SvgDspSTE-unsplash.jpg
Clouidnesia
https://www.clouidnesia.com/2020/03/hal-yang-mesti-kamu-tahu-coronavirus.html
https://www.clouidnesia.com/
https://www.clouidnesia.com/
https://www.clouidnesia.com/2020/03/hal-yang-mesti-kamu-tahu-coronavirus.html
true
3232573034210294857
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago