$type=slider$snippet=hide

Archive Pages Design$type=blogging

Sudah Tahu Kenapa Kita Mengalami Cegukan? Ini Ulasannya.

     Apakah Anda pernah cegukan? Cegukan bisa terjadi pada siapa saja termasuk bayi yang baru berumur beberapa hari. Cegukan akan membuat k...

     Apakah Anda pernah cegukan? Cegukan bisa terjadi pada siapa saja termasuk bayi yang baru berumur beberapa hari. Cegukan akan membuat kita mengeluarkan suara khusus yang terjadi tanpa kontrol secara sadar. Kita tidak dapat menghentikan cegukan kecuali cegukan akan berhenti sendiri.

     Banyak mitos yang berkembang dengan cegukan seperti cegukan akan membuat badan menjadi lebih tinggi, cegukan karena sedang dirindukan oleh orang lain atau cegukan karena bertambah pintar pada bayi atau anak-anak. Semua mitos ini tidak terbukti secara medis dan hanya menjadi isu yang beredar secara terus menerus. Berikut ini adalah berbagai fakta penting tentang cegukan yang bisa kita pelajari.




Apa Itu Cegukan?

     Cegukan adalah sebuah kondisi ketika otot diagfragma yang memisahkan bagian rongga dada dan perut mengalami kontraksi dalam waktu yang sangat singkat. Cegukan akan membuat pita suara menutup secara otomatis dibawah kontrol kesadaran dan inilah yang membuat suara cegukan muncul. Cegukan akan membuat sensasi yang tidak nyaman terutama pada bagian dada, perut dan tenggorokan. Pada umumnya cegukan bisa berhenti sendiri tanpa butuh pengobatan. Cegukan bisa terjadi selama 2 menit, 3 menit atau lebih. Semua kondisi ini dipengaruhi oleh kondisi tubuh orang yang cegukan.


Apa Saja Penyebab Cegukan?

     Apakah mitos yang beredar tentang cegukan itu bisa terbukti? Pada dasarnya tidak. Cegukan adalah proses alami yang disebabkan oleh kontraksi diagfragma yang menyebabkan rongkat perut, rongga dada dan saluran pita suara membentuk tekanan dan menyebabkan kita mengeluarkan suara khusus. Namun cegukan tidak terjadi tanpa penyebab. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan cegukan dan biasanya tidak pernah kita sadari. Berikut ini adalah beberapa penyebab cegukan dan cara untuk mengatasinya.

1. Makan terlalu cepat

     Penyebab Cegukan - Makan Terlalu CepatJika Anda makan terlalu cepat maka akan membuat udara masuk ke saluran pencernaan tanpa pernah kita sadari. Hal ini akan menyebabkan reaksi khusus dari saluran pencernaan ke bagian diagfragma dan langsung membentuk kontraksi pada rongga perut dan dada. Terkadang orang yang mengalami cegukan ini akan merasa muntah, sakit perut dan sakit pada tenggorokan.

Cara Mengatasi

     Untuk menghindari cegukan ini maka sebaiknya hindari makan yang cepat. Apapun jenis makanan yang Anda makan maka makan dengan perlahan. Cara ini juga sangat baik untuk memelihara kesehatan organ pencernaan. Namun jika Anda sudah cegukan dengan kondisi ini maka jangan panik. anda bisa berusaha untuk makan dengan tenang hingga semua makanan tertelan kemudian minum seteguk air. Minum secara perlahan dan hindari minum saat cegukan karena bisa menyebabkan air keluar dari saluran hidung dan akan sangat menyakitkan.

2. Minum alkohol atau Minuman berkarbon

     Penyebab Cegukan - Konsumsi AlkoholSelain menjadi penyebab kolesterol tinggi, minuman yang mengandung alkohol atau minuman berkarbonasi akan menyebabkan cegukan pada beberapa orang. Kondisi ini bisa terjadi sangat umum dan bukan hal yang membahayakan. Namun ada beberapa orang yang selalu mengalami cegukan saat minum alkohol dan minuman berkarbonasi.

Cara Mengatasi

     Jika Anda berada dalam kondisi seperti ini dan terjadi secara terus menerus, maka mungkin Anda mengalami reaksi alergi terhadap alkohol atau minuman berkarbonasi.

     Jika Anda sudah terlanjur minum beralkohol maka hentikan sementara dan minum air putih. Air putih akan membantu otot diagfragma menjadi normal dan menghentikan kontraksi.

3. Cegukan karena trauma pada otak

     Beberapa orang bisa mengalami kondisi cegukan karena ada trauma dalam otak. Kondisi ini bisa disebabkan karena penyakit pada batang otak, tumor, gagal ginjal dan infeksi virus tertentu. Jika kondisi ini terjadi maka harus dibantu oleh dokter.

Cara Mengatasi

Cegukan yang disebabkan karena kondisi khusus umumnya tidak bisa diobati dengan cara yang biasa. Bantuan dokter diperlukan untuk memberikan obat-obatan tertentu yang bisa meredakan cegukan. Namun jika cegukan tidak parah maka bisa diobati di rumah dengan cara yang biasa.

4. Asap pekat

     Jika Anda menghirup asap pekat yang berasal dari limbah pembakaran atau limbah polusi udara maka juga bisa menyebabkan cegukan. Asap bisa masuk ke dalam tubuh lewat saluran pernafasan baik dari hidung atau mulut. Kondisi ini bisa terjadi pada beberapa orang dalam waktu yang bersamaan.

Cara Mengatasi

     Untuk keluar dari cegukan maka Anda harus masuk ke ruangan dengan udara yang lebih segar. Anda membutuhkan udara yang banyak mengandung oksigen. Selain itu Anda juga bisa minum air putih untuk meredakan cegukan jika cegukan berlangsung dalam waktu lebih sedikit lebih lama.

5. Cegukan pada bayi

     Bayi yang baru lahir biasanya akan lebih sering menangis. Bayi yang menangis cenderung lebih sering terkena cegukan. Melihat bayi yang sedang cegukan memang kurang menyenangkan. Organ pernafasan pada bayi masih sangat rawan dan orang tua tidak bisa membantu untuk menghentikan cegukan.

Cara Mengatasi

     Jika hal ini terjadi pada bayi Anda, maka jangan panic. Biarkan bayi berada pada posisi yang nyaman untuk bernafas dan tepuk halus pada bagian punggung. Jika bayi Anda masih minum ASI maka jangan diberi minum saat cegukan karena itu bisa berbahaya untuk organ pernafasan bayi.

6. Cegukan karena pengaruh obat anestesi

     Kondisi orang yang setelah menjalani beberapa operasi dengan anestesi umum juga bisa menyebabkan cegukan. Bahkan beberapa penderita bisa cegukan saat belum sadar sepenuhnya. Hal ini disebabkan karena pengaruh obat anestesi yang menyebabkan kontraksi pada otot diagfragma. Jika Anda atau keluarga mengalami kondisi ini maka jangan panik dan minta bantuan ke perawat.

Cara Mengatasi

     Jangan pernah memberi minuman untuk orang yang mengalami cegukan setelah operasi. Kondisi ini harus mendapatkan pengawasan karena orang yang mendapatkan anestesi umum harus memulihkan kondisi pencernaan hingga boleh minum air putih. Lebih baik jika Anda memanggil petugas medis jika cegukan sangat parah.

7. Cegukan karena Emosi

     Beberapa orang yang mengalami lonjakan emosi juga bisa mengalami cegukan. Perasaan yang terlalu meluap-lupa seperti rasa senang atau terlalu sedih akan membuat otot diagfragma mengalami konstraksi. Hal ini biasanya disebabkan karena dorongan emosi yang terlalu kuat dan membuat bagian otot yang memisahkan perut dan dada mengalami kontraksi.

Cara Mengatasi

     Jika Anda mengalami cegukan karena faktor emosi, maka Anda harus membuat diri Anda tenang. Kendalikan apa yang bisa membuat Anda merasa senang atau sedih. Setelah itu mulailah untuk bernafas dari hidung dan keluar dari mulut, hitung hingga 10 kali atau lebih sesuai kenyamanan. Setelah itu minum air putih untuk menenangkan diri Anda.

8. Cegukan karena Rokok

     Penyebab Cegukan - MerokokBeberapa orang juga bisa mengalami cegukan karena merokok. Saat merokok maka ada perubahan reaksi yang terjadi pada bagian tenggorokan, hidung dan dada. Adanya zat kimia yang masuk ke dalam tubuh lewat organ pernafasan akan membuat reaksi khusus yang menyebabkan cegukan.

Cara Mengatasi

     Untuk orang yang mengalami cegukan karena rokok maka ini adalah sebuah sinyal khusus bahwa organ pernafasan tidak bisa menerima zat kimia yang disebabkan karena rokok. Bahkan dalam kondisi yang khusus bisa membuat orang tersebut cegukan karena menjadi perokok pasif. Jadi, lebih baik berhenti merokok untuk menghentikan reaksi cegukan.

     Cegukan akibat merokok mungkin dapat berakibat fatal, karena bahaya merokok bukan saja menjadi penyebab cegukan, melainkan dapat menyebabkan kanker.

9. Makan Cabe Terlalu Banyak / Makanan Pedas

     Anda mungkin sering konsumsi cabai atau sambal yang sangat pedas untuk di konsumsi secara membabi buta. Cabai mengandung gas yang dapat “menyumbat” tenggorokan hingga menyebabkan cegukan yang cukup serius. Gas ini muncul seketika anda mengkonsumsi cabai, jadi kemungkinan akan langsung menimbulkan cegukan.

Cara Mengatasinya

     Cara mengatasi cegukan akibat konsumsi cabai sangat mudah, anda tinggal minum air putih yang cukup dan hentikan sementara konsumsi cabai / sambal yang terlalu pedas sampai cegukan reda.

     Cegukan biasanya memang terjadi dalam waktu yang singkat. Namun jika Anda mengalami cegukan selama lebih dari 2 jam maka sebaiknya Anda segera bertemu dokter. Cegukan yang terjadi dalam waktu lama akan mengganggu sistem pencernaan, menyebabkan lelah dan sistem pernafasan. Cegukan yang terjadi dalam waktu lama membutuhkan bantuan dokter karena mungkin bisa disebabkan karena beberapa indikasi penyakit tertentu. Namun kasus ini sebenarnya sangat jarang terjadi.

COMMENTS

ENTERTAINMENT$type=two$height=auto$meta=no$snippet=no$readmore=no

LIFESTYLE$type=left$va=0$count=4

TRAVEL$type=right$va=0$count=4

Name

Entertainment Film Food Game Hot News Lifestyle Otomotif Rekomendasi App Sport Technology Travel
false
ltr
item
Clouidnesia: Sudah Tahu Kenapa Kita Mengalami Cegukan? Ini Ulasannya.
Sudah Tahu Kenapa Kita Mengalami Cegukan? Ini Ulasannya.
http://4.bp.blogspot.com/-r65wIY5AxtI/Vp42UPynMCI/AAAAAAAAECY/W7SajQlzNwQ/s640/cara-mengatasi-dan-menghilangkan-cegukan-atau-sendawa.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-r65wIY5AxtI/Vp42UPynMCI/AAAAAAAAECY/W7SajQlzNwQ/s72-c/cara-mengatasi-dan-menghilangkan-cegukan-atau-sendawa.jpg
Clouidnesia
https://www.clouidnesia.com/2016/01/sudah-tahu-kenapa-kita-mengalami.html
https://www.clouidnesia.com/
https://www.clouidnesia.com/
https://www.clouidnesia.com/2016/01/sudah-tahu-kenapa-kita-mengalami.html
true
3232573034210294857
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago