$type=slider$snippet=hide

Archive Pages Design$type=blogging

Long Week End, Berikut Tips Mengemudi di Malam Hari

Jakarta -   Mengemudikan mobil di malam hari  cukup berbahaya. Dari mulai gangguan kesehatan seperti rabun mata hingga ancaman kejahata...


Jakarta - Mengemudikan mobil di malam hari cukup berbahaya. Dari mulai gangguan kesehatan seperti rabun mata hingga ancaman kejahatan yang lebih tinggi membuat banyak orang enggan mengemudi di malam hari. 
Meskipun begitu, mengemudi di malam hari terkadang tidak bisa dihindari. Beberapa alasan seperti pekerjaan yang sudah menunggu di kota lain membuat perjalanan di malam hari mau tidak mau harus dilakukan.
Nah, untuk Anda yang memang terpaksa harus mengemudi di malam hari, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk meningkatkan keselamatan berkendara hingga selamat sampai tujuan:
Fokus dan hindari hal-hal yang membuat konsentrasi buyar
Saat Anda mengemudi di malam hari, pastikan tidak ada faktor apapun yang membuat konsentrasi buyar. Jangan menggunakan ponsel, makan, minum, bahkan mengonsumsi obat yang dapat membuat Anda ngantuk.
Hindari pula langsung melihat cahaya silau dari mobil yang berlawanan arah dengan melihat sisi kiri jalan. Hal ini berguna untuk mengantisipasi ketidaksiapan pengemudi, apalagi di jalanan yang tidak lebar.
Perhatikan batas kecepatan
Jangan pernah mengemudi di malam hari dengan kecepatan yang sama seperti mengemudi di siang hari. Anda harus tetap mereduksi kecepatan untuk mengantisipasi jangkauan pandang yang lebih terbatas.
Pada umumnya, jangkauan sorotan high beam atau lampu jauh adalah 120 meter. Jika dikonversi ke satuan waktu dengan laju kendaraan 100 km/jam, maka jarak jangkauan lampu setara dengan 6 detik. 6 detik inilah yang jadi waktu pengemudi untuk melakukan reaksi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
Bersihkan lampu
Sedikit saja kotoran pada lampu dapat membatasi kemampuan pengemudi untuk melihat jalan. Karena itu, pastikan bahwa lampu telah dibersihkan sebelum berangkat. Jangan lupa juga bersihkan lampu belakang, lampu sinyal dan kaca. 
Tips lainnya
Selain yang telah disebutkan, beberapa tips lain yang dapat dilakukan adalah mengikuti pengedara lain dengan jarak lebih dari dua mobil, memperhatikan kelelahan mata, serta mempertimbangkan untuk menggunakan lampu kabut.
Courtesy of Kompas

ENTERTAINMENT$type=two$height=auto$meta=no$snippet=no$readmore=no

LIFESTYLE$type=left$va=0$count=4

TRAVEL$type=right$va=0$count=4

Name

Entertainment Film Food Game Hot News Lifestyle Otomotif Rekomendasi App Sport Technology Travel
false
ltr
item
Clouidnesia: Long Week End, Berikut Tips Mengemudi di Malam Hari
Long Week End, Berikut Tips Mengemudi di Malam Hari
http://1.bp.blogspot.com/-Lrhvvec4GIM/VURDDxaxWRI/AAAAAAAABVE/pYAwdrwCp1E/s1600/046726300_1430284564-Capture.JPG
http://1.bp.blogspot.com/-Lrhvvec4GIM/VURDDxaxWRI/AAAAAAAABVE/pYAwdrwCp1E/s72-c/046726300_1430284564-Capture.JPG
Clouidnesia
https://www.clouidnesia.com/2015/05/long-week-end-berikut-tips-mengemudi-di.html
https://www.clouidnesia.com/
https://www.clouidnesia.com/
https://www.clouidnesia.com/2015/05/long-week-end-berikut-tips-mengemudi-di.html
true
3232573034210294857
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago